celoteh

Total Tayangan Halaman

Kamis, 25 Juli 2013

IKAN GABUS (KUTHUK)



Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di pelbagai daerah: bocek dari riau, aruan, haruan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayong, bogo, licingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793).


DI kampungku kidul pasar lodoyo,ikan ini biasa kami sebut kuthuk,(ini untuk ikan gabus yg size  nya udah segede lengan tangan)sementara untuk yg agak kecil kami biasa nyebut cengor,
disamping dagingnya yg cukup lezat ,Ikan gabus juga kaya albumin, jenis protein yang mempercepat penyembuhan pascaoperasi dan melahirkan. Zat ini juga membantu pertumbuhan anak dan menambah berat badan orang dengan HIV/AIDS (ODHA).\Ikan gabus merupakan sumber albumin penting bagi kesehatan. Sejatinya albumin merupakan hasil sintesis protein hati. Menurut Prof Dr dr Nurpudji M. Daud, MPH SpGK, ahli gizi klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin, hampir semua  penyakit berat dan akut seperti kanker, gagal ginjal, diabetes, tuberkolusis, dan jantung ditandai dengan menurunnya kadar albumin di tubuh atau hipoalbumin.

Hipoalbumin atau kekurangan albumin di tubuh tersebut menyebabkan tekanan osmotik di darah menurun sehingga cairan di darah keluar lantas menerobos masuk ke jaringan-jaringan organ tubuh lain. Cairan tersebut yang menyebabkan pembengkakan atau oedema. Nah selama ini untuk mengatasi kekurangan albumin tersebut dilakukan dengan memberikan infus albumin, tapi harganya cukup mahal karena infus albumin tersebut diproduksi dari plasma darah manusia.

Harga serum albumin impor mencapai jutaan rupiah per 10 milimeter. Padahal, dalam satu kali operasi paling tidak dibutuhkan 30 milimeter. Penggunaan ekstrak ikan gabus ini diharapkan dapat mengurangi biaya operasi pembedahan yang selama ini dikenal sangat mahal.


Tingginya kandungan albumin dari ikan gabus membuat ekstrak ikan ini mulai dilirik pihak rumah sakit untuk diberikan kepada pasien pascaoperasi, yaitu sebagai pengganti serum albumin impor, yang sangat mahal harganya.   

untuk Membuat ekstrak ikan gabus dengan cara sederhana, dapat dilakukan sendiri di rumah tangga. Bagi mereka yang belum bisa mengonsumsi makanan berat, dapat merebus ikan gabus hingga seluruh sarinya keluar. Sari ikan tersebut kemudian disaring dan dikonsumsi seperti minum air. Agar tidak berbau amis, sari kaldu ikan gabus dapat juga dicampur jeruk nipis.
ayo mulai sekarang  biasakan konsumsi ikan gabus ya........biar tambah sehat .oh ya jgn lupa juga  jaga kebersihan sungai kita ,stop pencemaran,stop penyetruman ,stop pemotasan ,biar ikan gabus nggak musnah dan bisa dinikmati hingga anak cucu kita ,RAHU FISHING COMUNITY,,
,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,0,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,


10 komentar:

  1. Masih ada po gak bos kutuk e ndek lodoyo ??
    Salam dari nglegok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huakehh pokok gak di strumi๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Huakehh pokok gak di strumi๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  2. Aku juga asli Lodoyo, mulai anak2 hingga sekarang hobby mancing tidak berubah. Saya sangat setuju dengan himbauan untuk menghentikan pemotasan, penyetruman serta tetap menjaga kualitas air dgn cara menjaga kebersihan sungai Mbogel dan cabang2nya sehingga populasi berbagai macam ikan dan mahluk hidup penghuni sungai tidak punah. Salut terhadap penulis. Salam.

    BalasHapus
  3. Salam..balik jg..alhamdulillah..saat ini udh banyak tmn 2..yg peduli..pd sungai ini .syg agak kurang peduli pd sampah..dan..limbah..hari ini aq hanya bisa berdo.a semoga..

    BalasHapus
  4. Salam..balik jg..alhamdulillah..saat ini udh banyak tmn 2..yg peduli..pd sungai ini .syg agak kurang peduli pd sampah..dan..limbah..hari ini aq hanya bisa berdo.a semoga..

    BalasHapus
  5. Assalaamu 'alaikum, apakah saya bisa beli bibit ikan gabus?

    BalasHapus
  6. Lodoyone sebelah ngendi karo pasar,hargane per kilo brp ikan gabusy

    BalasHapus

sak sermu sak karepmu ,arep komentar opo? tak tompo kanti legowo,,ning yo kuwi,kanggone wong urip bebabrayan kudune,yo ngerti tepo sliro,ungah unguh,sopan santun ,koyo adatate wong jowo ,,oke......