celoteh

Total Tayangan Halaman

Jumat, 10 Januari 2014

MENGATASI RASAPANAS AKIBAT CABE (CECABEAN,KEWEDANGEN)

         Bukanya latah mau ngikut ikut ,kayak infotemen di tipi tipi entu,yg lagi ngetop istilah cabe cabean ,sehingga aku posting soal cabe juga hari ini,hehehehe............????????.
anda pasti pernah merasakan rasa panas di tangan selepas bersentuhan dg cabe bin lombok,entah karena lagi panen lombok,ngiris cabe,ngulek bumbu,or  kesiram sambel munkin,kulit seperti terbakar tapi nggak melepuh,cecabean menurut istilah jawa baratan,kalau di kampungku kidul pasar lodoyo,atau mungkin sbagian orang jawa di kenal dg nama atau istilah kewedangen.

tak seperti kejadian diatas, kwedangen yg aku rasakan,bukan karena tak sengaja bersentuhan dg si cabe bin lombok,tapi dg sadar dan penuh kesengajaaan serta kesadaran akan rasa panas yg bakal timbul.awal mula kejadianya  saat sore sehabis pulang liburan tahun baruan bareng keluarga kemarin,aku sempat kumpul kumpul bareng sambil ngobrol ama orang 2 di kampungku,disela ngobrol ngalor ngidul ada yg nyeletuk sambil memperhatikan lengan tangan kiri ku yg bintil bintil gatal kena penyakit kulit,"tanganmu gatel iye?..peh mayar wi obate,,"anu oser oser ono lombok wes mesti mari,..,yg lain pun ikut nambahi,"hooh wong si anu kae yo mari oe,"dan banyak kesaksian yg terlontar dari mulut mereka ,beh pora kwedangen kataku,....
akhirnya sesampai di rumah ,aku penasaran pingin nyoba?cuman karna si kecil "mentari ufuk timur' my baby yg masih usia 2 thn ,selalu ngikut dan suka bergelayut manja pada ku .kutunda dulu ,acara oles olesnya,baru setelah my baby tidur sekitar pukul 20:30,aku minta istri ku ambil kan cabe merah 2 biji di dapur,smbil nonton tv aku sibuk mengoleskan dua biji cabe rawit merah yg udah ku potong  ujungnya pd legan tangan ku yg gatal2. awalnya sih enak hangat2 gitu kaya koyo an,baru pada pukul 22:00 eh panas nya mulai terasa cuman msh bisa kutahan ,mungkin karena stamina masih fit kali,cuman lama 2 agak terasa mengganggu juga ,ah main game aja ah biar lupa entar jg hilang rasa panasnya,(pikirku),,kunyalakan my pc trus main game sampi lupa waktu udah pukul 02 dini hari,oh mata udah amat sangat ngantuk ,tubuhpun trasa sangat lelah ,kuputuskan untuk tidur aja,tapi tahu kah anda ??rasa panas yg tadi tak terasa mungkin karna terlupa akibat keasyikan main game ,kini kembali terasa panas apalagi saat lengan tangan ini bersentuhan dg selimut,waahh jadi tambah panass,akhir nya ku coba basuh sama air haduh tambah puaanaass,saat direndam rasanya dingin  cuman ketika di angkat dr air rasa panas semakin menjadi jadi ,wah mana ngantuk dan tubuh udah sangat lelah,aku jadi agak panik,kembali aku basuh lagi lenganku kali ini pakai sabun woww  ampun deh masih panas,aku oleskan pasta gigi agar dingin eh malah menjadi jadi(efek soda mungkin)wah gua jd bingung end stres berat,,,,trus keingetan triks sulap agar enggak kepedesan makan cabe di olesi minyak zaitun di lidah,cuman mau nyari dimana tu si zaitun ???udah hampir jam 3 gini,akhir nyoba tak olesi minyak goreng dapur,saking paniknya ,eh nggak ngefek blass,,jadi tambah bingung deh,saking bingungnya gue,mondir mandir ,trus terdengar, dari rumah belakang terdengar orang lagi nyalain tv,setelah kulihat ternyata simbah baru bangun mau liat wayang kulit di tv lokal,sekalian deh aku tanya,"mbah tambane kwedangen lombok ki opo"???opo tok isuhi banyu,tanyanya?? hooh ,kataku....""'biyuh,,anu gebeken (gosok,maksudnya) nganggo godong bayem lemah(bayem liar)dudu bayem ombo(bayam sayur)lo??katanya,berbekal senter ku coba nyari daun bayam liar di halaman ,ni gambarnya....




setelah dapat segenggam daun bayam liar ,lansung aku remas remas trus ku gosok gosokan pada lengan tanganku yg kwedangen,...alhamdulillah ..ajaib nggak sampai 5 menit.rasa panas itu hilang plas;;.......beh kog nggak kat mau to mbah mbah???salahe ra takon kat mau.ujarnya,""kae banyu ne umob ,gae wedang pora we?????....
udah hampir 5 hari ini aku rutin ngobati gatal dil engan tanganku ini dg cabe,cuman nggak kayak yg pertama ,aku sudah persiapkan penangkalnya daun bayam liar (bayam duri) setelah dua sampai tiga jam sehabis diolesi cabe aku gosok ama daun bayam duri, eh berangsur angsur gatal gatal di lengan ini pun sembuh,

sepele tak harus disepelekan,ingat itu sobat ,bertanyalah karna bertanya itu perlu bagi yg tidak tahu,.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sak sermu sak karepmu ,arep komentar opo? tak tompo kanti legowo,,ning yo kuwi,kanggone wong urip bebabrayan kudune,yo ngerti tepo sliro,ungah unguh,sopan santun ,koyo adatate wong jowo ,,oke......